20 Jan

Dinas Pekerjaan Umum Kab. Buol Gelar Monev Kinerja Petugas Irigasi



Operasi dan Pemeliharaan Irigasi adalah Kegiatan Pengaturan Air dan Jaringan irigasi yang meliputi Penyediaan, Pembagian, Pemberian dan Pembuangan termasuk usaha mempertahankan kondisi Jaringan Irigasi tetap berfungsi dengan baik. Tujuan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi adalah untuk membantu masyarakat pedesaan dalam melaksanakan pengembangan dan pengelolaan irigasi dengan pendekatan partisipatif. Pemberdayaan masyarakat Perkumpulan Petani Pemakai Air ( P3A ). Serta meningkatkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat desa melalui produksi pertanian.

Hal ini dipaparkan oleh Kapala Seksi Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Dinas Pekerjaan Umum Kab. Buol Muji Sarwono, S.Sos dalam rapat evaluasi peningkatan kinerja bagi Pengamat Pengairan,  Juru Pengairan, dan Penjaga Pintu air/Penjaga Pintu Bendung dalam rapat yang digelar pada tanggal 28 Desember 2016 di Aula Dinas Pekerjaan Umum Kab. Buol. Pada rapat evaluasi tersebut juga dihadiri oleh Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Abd. Haris B. Samah, ST, MT yang didampingi Kepala Seksi Penanganan Sungai dan Rawa Wahyudi, ST dengan peserta rapat berjumlah 38 (tiga puluh delapan) orang dari 32 (tiga puluh dua) Daerah Irigasi di Kabupaten Buol yang terdiri dari Pengamat Pengairan 3 (tiga) orang, Juru Pengairan 3 (tiga) orang dan Penjaga Pintu Air/Penjaga Pintu Bendung berjumlah 32 (tiga puluh dua) orang.

Muji Sarwono, S. Sos menjelaskan "bahwa rapat evaluasi ini juga dilaksanakan sesuai Amanat Peraturan Menteri Pekerjaan Umum RI No. 32/PRT/2007 Tentang Operasi dan Pemeliharaan Irigasi dimana kegiatan ini merupakan penyegaran bagi para petugas irigasi agar tetap melaksanakan tugas sesuai standar peraturan tersebut. Setelah rapat evaluasi akan dilaksanakan ujian tertulis kepada seluarah petugas irigasi dalam rangka untuk mengukur tingkat pengetahuan petugas. Bagi petugas yang mendapatkan nilai terbaik akan menjadi utusan Kabupaten Buol untuk mengikuti lomba/sarasehan irigasi di tingkat provinsi Sulawesi Tengah yang secara rutin melaksanakan pada setiap tahun, jelasnya. Beliau juga menghapkan pelaksanaan rapat evaluasi ini sanagat penting dilakukan dalam rangka peningkatan kemampuan dan pengetahuan petugas irigasi dalam upaya peningkatan dan menciptakan pelayanan Daerah Irigasi yang optimal kepada masyarakat petani dan menghasilkan peningkatan produksi pertanian guna menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat petani, ungkapnya.
"