Berita

Pencarian

01 Sep

JEMBATAN NIPAH PANJANG - SADU

Muara Sabak - Kebijakan Pembangunan daerah yang dituangkan dalam Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selain sebagai garis kebijakan daerah juga merupakan komitmen politik dari Kepala Daerah terhadap janji-janji yang disampaikan kepada publik pada saat kampanye. Untuk itu, komitmen pemerintah daerah atas janji tersebut harus diwujudkan sebagai bentuk akuntabilitas dari kepemimpinan yang dijalani.

Setidaknya ada beberapa pertimbangan bahwa dengan adanya Jembatan yang menghubungkan antara Kecamatan Nipah Panjang dengan Kecamatan Sadu hingga menuju kawasan Ujung Jabung diantaranya, Aspek Ekonomi dan Sosial Budaya, menunjukan angka disparitas komoditas pertanian yang cukup signifikan, dari jenis komoditas yang ada di Kecamatan Sadu yaitu meliputi Kopra, Sawit, Pinang, Sapi, Kerbau, Kambing. Dan disamping komoditas tersebut, biaya transportasi juga faktor penentu tingkat disparitas tersebut. Dari hasil kajian yang dilakukan menunjukan bahwa nilai kerugian yang didapat karena tidak adanya akses jalan menuju Kecamatan Sadu melalui Jembatan mencapai 15,2 Miliyar rupiah pertahun. Angka ini belum termasuk dari potensi lainnya yang masih dapat dikembangkan seperti pariwisata bahari. Sedangkan untuk aspek sosial budaya yang meliputi pelayanan pendidikan, kesehatan, kependudukan, kebudayaan, pembinaan masyarakat. Karena aspek sosial budaya sangat erat kaitannya dengan pelayanan dasar masyarakat, maka keberadaan jalur transportasi yang lancar dan cepat menjadi kunci utama dalam pemberian pelayanan pada masyarakat. Tindakan pelayanan baik preventif maupun represif dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Aspek Teknis, Sesuai Studi Kelayakan dan Detail Enginering Design (DED), Pembangunan Jembatan Nipah Panjang direncanakan dibangun pada titik lokasi np14 dan np42 dengan lebar bentang jembatan 440,7m dengan tipe jembatan pelengkung baja. Tipe tersebut dipilih dengan pertimbangan dapat menekan harga yang lebih proporsional dengan tetap menonjolkan nilai estetika. Aspek Lingkungan, Untuk menjamin terjaganya keseimbangan lingkungan hidup akibat Pembangunan Jembatan Nipah Panjang dan sebagai bentuk komitmen dari Dinas Pekerjaan Umum sebagai pelaksana pekerjaan telah menyusun Dokumen UKL-UPL yang substansinya adalah upaya pengelolaan lingkungan hidup dan upaya pemantauan lingkungan hidup dengan komponen meliputi Geofisika-Kimia; Biologi; Sosial Ekonomi dan Budaya; Sarana Prasarana Umum. Komponen tersebut disusun dengan tahapan mulai dari pra konstruksi, konstruksi, operasional dan paska operasi. Dokumen UKL-UPL yang telah dibahas oleh Tim teknis terkait menjadi pendukung terhadap rencana pembangunan Jembatan Nipah Panjang. Dan Aspek Politik, Dengan adanya Jembatan Nipah Panjang kedepan akan bermanfaat bagi percepatan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,serta takkala pentingnya adalah membangkitkan kepercayaan masyarakat atas komitmen pemerintah untuk pembangunan yang merata dan berkeadilan.

Kebijakan pembangunan jembatan Nipah Panjang ?? Sadu juga merupakan integrasi dari kebijakan nasional untuk mengembangkan kawasan Ujung Jabung sebagai Kawasan Ekonomi Strategis dalam bingkai Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) 2011-2023. Dengan didasari pertimbangan, bahwa daerah kita memiliki potensi, keunggulan dan daya dukung yang baik menjadikan kawasan ujung jabung menjadi target pertumbuhan pada kawasan baru, disamping memang letak kawasan memiliki geostrategis dan geoekonomis karena terletak diantara tiga kawasan pertumbuhan Singapura-Batam-Johor.

Dengan adanya pengembangan kawasan Ujung Jabung ini kita harapkan akan membawa dampak positif bagi peningkatan taraf hidup masyarakat seperti terbuka lapangan pekerjaan, meningkatnya daya beli masyarakat dan memacu daya saing masyarakat. Untuk itu perlu adanya sentuhan pemerintah untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang handal dan kompetitif khususnya masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur melalui program pemberdayaan masyarakat.

Dengan beberapa pemikiran diatas, dapat ditarik poin penting bahwa keberdaan Jembatan Nipah Panjang ?? Sadu akan membuka akses yang potensial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, membangun kemandirian daerah, menciptakan keunggulan daerah yang merata dan berkeadilan. Selamat Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanjung Jabung Timur ke-14. Semoga di tahun yang akan datang menjadi lebih baik.

BERITA LAIN DALAM KATEGORI KAB. TANJUNG JABUNG TIMUR

18 Des

Bimtek CCO Jasa Teknis Dalam Pelaksanaan Konstruksi Tahun 2018, Yang Digelar PUPR Kab.Tanjung Jabung Timur

Selengkapnya
20 Des

Bimtek Dan Pelatihan Ke PU-AN Kab. Tanjung Jabung Timur, Dalami Perpres 16 Tahun 2018

Selengkapnya
01 Sep

JEMBATAN NIPAH PANJANG - SADU

Selengkapnya