29 Apr

DPUPR KOTA MALANG SOSIALISASI PENERAPAN SPSE 4.3 DAN PERATURAN TENTANG PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH

MALANG-Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang menggelar Sosialisasi Penerapan SPSE 4.3 dan Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dalam Kegiatan Jasa Konstruksi di Hotel Savana Malang 25 April 2019. Hadir dalam kegiatan tersebut 125 orang anggota asosiasi Gapeksindo, Gapensi, Aspekindo, Gapeknas dan perwakilan Bidang DPUPR Kota Malang.
 
 Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Malang melalui Sekretaris Dinas, Ir. Sumardi Mulyono dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan membantu para penyedia jasa konstruksi di Kota Malang guna mewujudkan sistem pengadaan barang jasa yang sesuai dengan aturan yang berlaku.
 “Kegiatan ini sebagai pencerahan terkait sistem penerapan SPSE 4.3, mengetahui kesulitan dan hambatan penyedia jasa terkait sistem pengadaan yang terbaru,” kata Sumardi.
 
Dalam sosialisasi tersebut Prahara Satria Ramadhan selaku narasumber dari IAPI menjelaskan dalam materinya bahwa penyedia jasa konstruksi wajib untuk mengisi aplikasi SIKAP yang terintegrasi dalam SPSE 4.3. Ia menuturkan bahwa SIKAP (Sistem Informasi Kinerja Penyedia)  merupakan aplikasi subsistem dari SPSE yang digunakan untuk mengelola data/informasi mengenai riwayat kinerja dan/atau data kualifikasi Penyedia Barang/Jasa yang dimanfaatkan untuk mendapatkan Informasi Kinerja Penyedia Barang/Jasa dalam proses Tender Cepat.
Sementara itu, Drs. Widjaja Saleh Putra dari ULP Kota Malang banyak membahas pelaksanaan dari Peraturan Presiden No. 16 Tahun 2018 bahwa pada kenyataannya banyak pengguna jasa yang mengalami kesulitan pada pelaksanaan administratif maupun teknis dalam mengikuti pengadaan barang/jasa pemerintah khususnya di Kota Malang. Penjelasan beliau dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh pengguna jasa yang disambut antusias peserta.