02 Apr

SOSIALISASI DAN BIMBINGAN TEKNIS TENAGA KERJA KONSTRUKSI TA. 2019 KABUPATEN MERANGIN PROVINSI JAMBI

Dalam rangka menjalankan amanah Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi pada pasal 70 ayat (1) yang berbunyi : Setiap tenaga kerja yang berkerja di bidang Jasa Konstruksi wajib memiliki Sertifikat Kompetensi Kerja.

Serta sekaligus menjalankan Surat Edaran Gubernur Jambi Nomor : S.442/SETDA.PUPR/II/2019 tanggal 26 Februari 2019 tentang Kewajiban sertifikasi kompentensi bagi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) di Provinsi Jambi. Maka Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Merangin bermaksud melaksanakan kegiatan “Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tenaga Kerja Konstruksi” Tahun Anggaran 2019 di wilayah Kecamatan di Kabupaten Merangin.

Sedikit pencerahan yang disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Merangin yang diwakili oleh Bapak Sarbaini, SE. MT mengatakan bahwa maksud dan tujuan "Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Tenaga Kerja Konstruksi" tahun 2019 yaitu indikator kinerja kegiatan ini untuk meningkatnya wawasan ilmu pengetahuan konstruksi secara teknis bagi Tenaga Kerja Konstruksi tingkat terampil di Kabupaten Merangin dan memberi manfaat yang sangat besar bagi Tenaga Kerja Konstruksi tingkat terampil karena mereka merupakan pasukan terdepan sebagai ujung tombak dalam pembangunan konstruksi.

Kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya masyarakat Jasa Konstruksi di kecamatan/desa agar termotivasi untuk memiliki informasi dan pengetahuan tentang keterampilan konstruksi dan dasar - dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi (K3), serta memberikan pembekalan/pedoman bagi Tenaga Kerja Konstruksi tingkat terampil agar mampu melaksanakan kegiatan pekerjaan sesuai dengan spesifikasi pekerjaan.