Berita

Pencarian

21 Des

Workshop Strategi PPK dalam Pengadaan Barang/Jasa


Regulasi terbaru berwujud Peraturan Presiden Nomor 16 tahun 2018 tentang pengadaan barang dan jasa pemerintah memberikan kewenangan sekaligus tanggung jawab yang lebih luas bagi Pejabat Pembuat Komitmen. Jika dilihat sebagai satu kesatuan proses pemenuhan kebutuhan barang/jasa, maka tanggung jawab PPK akan meliputi rangkaian panjang yang bermula dari perencanaan, penetapan spesifikasi, hingga evaluasi dan penilaian kinerja penyedia. Menyikapi hal tersebut, Dinas PUP dan ESDM sebagai unit teknis yang mengelola program-program strategis di Pemda D.I. Yogyakarta memandang perlu dilakukan upaya peningkatan kapasitas para Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).


Kegiatan berbentuk workshop pada Rabu, 5 Desemeber 2018 membahas strategi PPK dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi berdasarkan ketentuan regulasi terbaru. Peserta workshop berasal dari unit kerja eselon III (Bidang dan UPT Balai) dan eselon IV (Seksi dan sub bagian) di lingkungan Dinas PUP dan ESDM DIY. Melalui kegiatan ini diharapkan para PPK dan PPTK dapat lebih memahami peran para pelaku pengadaan, tahapan/prosedur pengadaan, dan mampu menetapkan strategi yang tepat agar terwujud prinsip-prinsip Value for Money dalam kerangka akuntabilitas dan profesionalisme. 


Sebagai Narasumber, hadir pembicara dari Direktorat Advokasi dan Penyelesaian Sanggah LKPP, Ade Rizky Emirsyah. Bung Ade, yang sempat berkarier di bidang jasa konstruksi sebelum bergabung dengan LKPP, banyak menyinggung pelbagai masalah pengadaan di sektor konstruksi. Secara khusus, Ade menekankan pentingnya perkuatan di aspek pengawasan saat pelaksanaan kontrak, misalnya dengan pemberlakuan klausul kontrak kritis. Upaya lain yang juga patut diapresiasi adalah dengan pembentukan tim direksi teknis sebagaimana telah dipraktikkan oleh Kementerian PUPR. Kendalanya, Pemda kesulitan mengalokasikan anggaran untuk tim ini, apalagi bagi pemda dengan kapasitas finansial yang terbatas. 



BERITA LAIN DALAM KATEGORI DI JOGJAKARTA

12 Des

Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi DIY

Selengkapnya
28 Jul

DISEMINASI PEMBINAAN JASA KONSTRUKSI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN ANGGARAN 2014

Selengkapnya
17 Okt

Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi

Selengkapnya
19 Jan

TPJK Kabupaten Bantul Mengikuti Bintek Pembinaan Konstruksi

Selengkapnya
21 Jul

Diskusi Akuntabilitas Penyelenggaraan Konstruksi

Selengkapnya
21 Jul

Workshop Pengawasan Perizinan Jasa Konstruksi di Wonosari, Kab. Gunungkidul

Selengkapnya
03 Jul

Focus Group Discussion dalam rangka Pemanfaatan Jasa Konstruksi

Selengkapnya
02 Mei

Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal Sub Bidang Jasa Konstruksi di daerah Istimewa Yogyakarta

Selengkapnya
18 Des

Studi Komperatif Draf Perda Jasa Konstruksi Provinsi Bali di Yogyakarta

Selengkapnya
18 Des

BIMBINGAN TEKNIS PENGADAAN BARANG DAN JASA

Selengkapnya