Berita

Pencarian

30 Apr

Terkelolanya Sistem Informasi adalah Wujud Komitmen Pembina Konstruksi

Selasa (27/3), bertempat di Gedung PusatInformasi Pengembangan Permukiman dan BangunanDIY, JalanKenari 14 A, berlangsung pemutakhiran aplikasi SIPJAKI yang merupakan forumperdana bagi para pengelola aplikasi di tahun ini. Acara ini merupakan agendatetap Pembina Jasa Konstruksi DIY untuk mencapaitarget SIPJAKI 100%updated,selain berbagai agenda lain baik formal maupun informal yang diselenggarakan setiap tahunnya. Kegiatanyang bertajuk rapat kerja namun lebih banyak berisi obrolan santai inidiagendakandua kali setiap tahun.

Acara dihadiri oleh stakeholders pengelolaan Sistem Informasi Pembina Jasa Konstruksi SIPJAKItingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota se-DIY, yang terdiri dari paraadministrator, calon administrator, dan sebagian kepala unit sekretariat yangmembidangi pembinaan jasa  konstruksi.Kegiatan dipandu oleh DwiSantoso (Dwi),A.Md., dari Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Kabupaten Kulon Progo dan Zuhdan Muzayan (Zu),Staf Dinas PUP dan ESDM DIY. Keduanyaadalah trainer SIPJAKIbersertifikat, sekaligus admin SIPJAKI di unit kerja masing-masing.

Rosdiana Puji Lestari, S.T., M.Eng., Ketua Sekretariat TPJK DIYberkesempatan membuka acara sekaligus berbagi informasi terkini tentang rencanaperubahan Standar Pelayanan Minimal (SPM) sub-Bidang Jasa Konstruksi yang saatini tengah dibahas oleh Pemerintah Pusat.

Setiap Kabupaten/Kota harus menyiapkan anggaranterkait Pembinaan JasaKonstruksi. Setidaknya, kegiatan pembaruan data updating SIPJAKI harus dilakukansecara berkala walaupun kami tahu setiap daerah memiliki hambatandan tantangan masing-masing. Hal ini penting mengingat pengelolaan informasijasa konstruksi telah ditetapkan sebagai SPM sejak 2014 terang Ibu Rosdiana PujiLestari, S.T., M.Eng., selaku ketua Sekretatiat TPJK DIY dalam sambutannya.

Secara muatan materi atau konten, SIPJAKI tidak banyakmengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tentu proses pengisian data tidaklahsulit bagi admin seperti anda semua yang sudah cukup lama mengelolanyadan cukup familiar dengan menu-menu itu. Justru permasalahan kita banyak disoal pencarian, pengumpulan dan validasi data itu. Lebih dari itu, jikabeberapa menu ada yang error ataugagal upload mohon untuk segeradiinformasikan. Jikaperlu silakan menghubungi langsung ke tim pengelola web di tingkat pusat. Zu sebagai salah satu adminSIPJAKI DIY menerangkan.

Layanan informasi ini di masa mendatang akan mengalamipenambahan dan perluasan yang signifikan, tugas kita semua dipastikan akan semakinberat. Untuk itulah, kami berkomitmen untuk terus memperkuat komunikasi antarpembina konstruksi di daerah khususnya dengan anda semua yang menjadi tulangpunggung pengelolaan sistem informasi, Rosdiana menambahkan.

Setiap kabupaten/kota di seluruhIndonesia memiliki kewajiban untuk memenuhi SPM sub bidang jasa konstruksi yaitu pengembanganSistem Informasi Jasa Konstruksi dengan indikator persentase tersedianya tujuhjenis informasi dan layanan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) dengan waktu penerbitanpaling lama sepuluh hari kerja setelah persyaratan lengkap. Namundemikian,masih banyak kabupaten/kota di Indonesia yang belum dapat memenuhi target itu.

Dalam sesi diskusi, berbagai permasalahan turutdibahas antara lain tentang status administrator yang telah pindah tugas,penyusunan Surat Keputusan TPJK terbaru, mekanisme penentuan nilai pasarkonstruksi, dan persyaratan dalam proses perizinan khususnya IUJK. Salah satuyang memancing pembahasan cukup panjang adalah tentang jaringan sumberinformasiuntuk mendapatkan data/informasi yang dibutuhkan. Admininstrator diharapkan dapatmembangun jaringan ini, khususnya melalui jalur formal agar validitas datadapat terjaga.

Kita lebih baik menjalin komunikasi dengan key person di setiap unit sebagai sumberinformasi. Setidaknya hal ini akan membuat data yang kita inginkan lebih cepatdiperoleh. Sebagai contoh, kami telah menjalin komunikasi yang intens denganULP untuk mendapatkan data paket-paket pekerjaan sebagai unsur untuk menghitungpotensi nilai pasar konstruksi di Kulon Progo, demikian dijelaskan Dwi denganjelas dan ringkas, sebagai admin yang telah mengelola SIPJAKI sejak pertamakali diperkenalkan

Lebih jauh, disampaikan pula tawaran dari pengelolaSIPJAKI di tingkat pusat untuk dapat menghubungkan aplikasi layanan perizinanmilik pemda melalui mekanisme remoteaccess untuk menyederhanakan proses input data IUJK sehingga pengisianborang cukup satu kali. Hal ini kiranya perlu ditanggapi dengan segera olehpara administrator, juga oleh pembina jasa konstruksi di daerah.

 

BERITA LAIN DALAM KATEGORI RIAU

13 Sep

Pelatihan Penyedia Jasa Konstruksi Pemko Dumai Riau

Selengkapnya