28 Mar

PELATIHAN DAN SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG/JASA PEMERINTAH TAHUN 2018

DINAS BINA MARGA DAN PENATAAN RUANG PROVINSI SULAWESI TENGAH
MELAKSANAKAN PELATIHAN DAN SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG/JASA 
 
Agar terwujudnya Good Goverment pada lingkup Pemerintah Sulawesi Tengah, pemerintah menetapkan peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sebagaimana yang telah diubah terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Barang dan Jasa di lingkungan Instansi Pemerintah yang harus dilaksanakan secara efisien.
Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah Ir. H. Syaifullah Djafar, M.Si mengatakan, pelatihan seperti ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keahlian, serta keterampilan dan sikap sebagai pengelola pengadaan barang dan jasa pemerintah secara profesional  dan beretika sehingga hasilnya dapat dipertanggungjawabkan baik dari fisik, keuangan sampai kepada pemanfaatan.
   Di hadapan peserta pelatihan dan sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah tahun 2018,  Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah juga menjelaskan, pelatihan dan sertifikasi dilakukan sebagai salah satu syarat Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Barang/Jasa oleh Aparatur Sipil Negara. Hal ini dilakukan, karena banyaknya masalah yang dihadapi serta sorotan atas perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasi yang belum sesuai aturan akibat ketidaktahuan. "kita juga mengharapkan nantinya peserta pelatihan bisa mendapatkan sertifikat yang diinginkan, karena salah satu persyaratan untuk menjadi PPK, Pokja dan lain-lain harus bersertifikat pengadaan barang/jasa. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Bidang Bina Jasa Konstruksi Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Sulawesi Tengah dengan Ikatan Ahli Pengadaan Indonesia (IAPI) dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang diikuti oleh 37 orang peserta pelatihan dilaksanakan selama 7 (tujuh) hari dari tanggal 26 Februari sampai tanggal 03 Maret Tahun 2018 bertempat disalah satu Hotel Jl. Tanjung Satu Kota Palu.