Berita

Pencarian

25 Apr

Efisiensi Pengadaan melalui Strategi Konsolidasi


Konsolidasi pengadaan perlu segera diterapkan untuk menjamin tercapainya value for money. Pelaksanaan konsolidasi dilaksanakan pada saat perencanaan, pemilihan penyedia, hingga pelaksanaan pekerjaan. Lebih dari itu, dengan strategi konsolidasi pengadaan yang tepat akan menumbuhkembangkan industri lokal. Pentingnya fungsi konsolidasi pengadaan dipertegas dengan pasal khusus di Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018, dimana kewajiban dan kewenangan Konsolidasi berada di tangan Pengguna Anggaran. Demikian disampaikan M. Aris Supriyanto (Aris), pada Workshop Transformasi Pengadaaan Barang/Jasa di Hotel Santika Premiere Yogyakarta (24/4).

Aris selaku Direktur Advokasi dan Penyelesaian Sengketa Wilayah II, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah juga membagi tips untuk menerapkan konsolidasi pengadaan. Kunci dari konsolidasi pengadaan ada di proses mendefinisikan kebutuhan user dan meprediksi kondisi pasar melalui Supply Positioning Model dan Supply Perception Model. Analisis pasar dilakukan dengan melihat rantai pasok, ketersediaan barang/jasa (termasuk subtitusi), dan tingkat kompetisi pasar.

Pada diskusi sehari ini, panitia turut menghadirkan narasumber dari user proyek konstruksi dan pokja pengadaan dari Kota Semarang. Keduanya adalah Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang Jasa (BLPBJ) Kota Semarang, Indriyasari dan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Semarang, Iswar Aminuddin. Ibu Indriyasari, perempuan cantik yang biasa dipanggil Iin ini, menyampaikan paparan tentang pengelolaan e-Katalog lokal yang memuat informasi material konstruksi, dan vendor e-Ticketing di Kota Semarang. Di sisi lain, Iswar melengkapi diskusi siang itu dengan pengalaman instansinya menggunakan jasa vendor yang telah terpilih melalui e-Katalog. Pria berdarah makassar ini turut mengingatkan bahwa penerapan e-Katalog harus dimulai dari komitmen kepala daerah, karena proses penyusunannya pasti menemui berbagai tantangan dari pihak-pihak yang merasa kepentingannya terganggu.

  
Kegiatan yang juga bertujuan mendorong percepatan penyediaan e-katalog lokal ini, dihadiri oleh para Pejabat Pembuat Komitmen, Perencana Teknis, dan Anggota Pokja ULP dari wilayah DIY dan Jawa Tengah. Panitia berharap ajang sejenis dapat dilakukan lebih intens dalam bentuk pendampingan maupun konsultasi teknis bersama insan ke-PU-an di daerah. Untuk itu, diharapkan para pelaku sektor konstruksi dapat bersiap-siap, khususnya para vendor yang potensial dimasukkan dalam sistem e-Katalog lokal, diantaranya adalah para penyedia Beton curah Readymix , Beton Precast, dan Aspal Hotmix yang relatif dibutuhkan dalam jumlah besar dan kontinyu dari waktu ke waktu. 



BERITA LAIN DALAM KATEGORI DI JOGJAKARTA

08 Mei

Simplifikasi Pengaturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Selengkapnya
25 Apr

Efisiensi Pengadaan melalui Strategi Konsolidasi

Selengkapnya
13 Apr

Pembangunan Infrastruktur Perlu Dukungan Masyarakat

Selengkapnya
30 Apr

Terkelolanya Sistem Informasi adalah Wujud Komitmen Pembina Konstruksi

Selengkapnya
05 Apr

Pengetahuan Teknis Dan Keahlian para Insinyur dalam Melaksanakan Perkerjaan Lapangan Harus Terus Di-upgrade

Selengkapnya
20 Mar

Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi

Selengkapnya
13 Mar

Konstruksi New Yogyakarta International Airport Segera Dimulai

Selengkapnya
13 Mar

Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kita Bentuk Bangsa yang Berkarakter

Selengkapnya
29 Mei

Workshop Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat

Selengkapnya
29 Mei

Bimbingan Teknis SIPJAKI

Selengkapnya
16 Mei

Sosialisasi UU NO 2 Tahun 2017 tentang Jasa KOnstruksi

Selengkapnya
16 Mei

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Selengkapnya
23 Peb

BINTEK SIPJAKI

Selengkapnya
12 Des

Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi DIY

Selengkapnya
28 Jul

DISEMINASI PEMBINAAN JASA KONSTRUKSI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN ANGGARAN 2014

Selengkapnya
17 Okt

Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi

Selengkapnya
19 Jan

TPJK Kabupaten Bantul Mengikuti Bintek Pembinaan Konstruksi

Selengkapnya
21 Jul

Diskusi Akuntabilitas Penyelenggaraan Konstruksi

Selengkapnya
21 Jul

Workshop Pengawasan Perizinan Jasa Konstruksi di Wonosari, Kab. Gunungkidul

Selengkapnya
03 Jul

Focus Group Discussion dalam rangka Pemanfaatan Jasa Konstruksi

Selengkapnya