Berita

Pencarian

13 Apr

Pembangunan Infrastruktur Perlu Dukungan Masyarakat

Yogyakarta. Rangkaian kegiatan pemberdayaan tenaga ahli konstruksi tahun 2018 berlanjut. Pada kesempatan ini pembekalan dan uji kompetensi (sertifikasi) diperuntukkan bagi para ahli muda dan ahli madya teknik bangunan gedung sebanyak 30 orang yang difasilitasi oleh Balai PIPBPJK Dinas PUP-ESDM DIY bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) DIY dan Asosiasi Tenaga Teknik Ahli dan Terampil Indonesia (ASTTATINDO). Kegiatan bertempat di Gedung PIP2B DIY Jalan Kenari 14 A Yogyakarta Rabu (10/4).

Acara ini dihadiri oleh ketua DPD ASTTATINDO DIY, H. Sudibyo, ST.(Dibyo), dan Manajer Eksekutif LPJK DIY Ir. Fitri Hadiprabowo (Fitri) yang turut memberikan sambutan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Seksi Pengembangan Jasa Konstruksi Balai PIPBPJK DIY, Kusumastuti Sri Winahyu, ST (Kusumastuti).

Dalam sambutan pembuka dari Sekretariat Tim Pembina Jasa Konstruksi DIY yang dibacakan oleh Kusumastuti, beliau meyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen, tindak lanjut dan perhatian Pemerintah Daerah guna berpartisipasi aktif dalam progam nasional untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur strategis, khususnya dalam hal meningkatkan kompetensi tenaga ahli di sektor kontruksi.

“Pembangunan SDM adalah faktor kunci untuk mengangkat jati diri dan martabat bangsa baik dalam lingkup nasional maupun internasional. Kita sangat membutuhkan SDM yang berkualitas untuk membangun Indonesia dan meningkatkan kesejahteraan dan keadilan, mendorong pertumbuhan ekonomi, serta memelihara keseimbangan lingkungan”, lanjut Kusumastuti.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah berupaya melakukan percepatan pelaksanaan pembangunan ekonomi dan infrastruktur melalui langkah-langkah percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional. Upaya ini dapat dilaksanakan oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, bahkan dapat pula dilakukan Badan Usaha. Di sisi lain masyarakat perlu berperan aktif dalam mendukung upaya-upaya tersebut. Untuk masyarakat jasa konstruksi, khususnya yang tergabung dalam asosisasi profesi diharapkan dapat terus berkonsentrasi dalam pembinaan anggotanya antara lain melalui sertifikasi profesi.

 “Oleh karena itulah Balai PIPBPJK DIY dan Asosiasi Profesi di daerah, khususnya dalam hal ini ASTTATINDO berkomitmen untuk mendukung upaya percepatan penyediaan tenaga ahli bersertifikat. Salah satunya dengan cara menfasilitasi kegiatan pelatihan seperti ini,” terang Fitri yang juga merupakan instruktur jasa konstruksi nasional dan telah lama berkecimpung di sektor jasa konstruksi dalam sambutannya.

Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi pembekalan dari dua narasumber yaitu Fitri Hadiprabowo (praktisi), dan Dian Eksana Wibowo (pengajar di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta). Materi pembekalan meliputi: pengetahuan pekerjaan persiapan, pekerjaan arsitektur, pekerjaan struktur dan pekerjaan pondasi. Kegiatan ini masih akan berlangsung hingga hari Kamis, 12 April 2018. Pada hari terakhir peserta akan diuji kompetensinya oleh asesor dari Unit Sertifikasi Tenaga Kerja LPJK DIY untuk memperoleh sertifikat keahlian.

“Kami berterima kasih kepada Balai PIPBPJK dan LPJK yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan pembekalan dan sertifikasi ini. Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini, anggota kami dapat menyerap pengetahuan yang diberikan dan pada akhirnya akan memiliki kompetensi yang lebih baik lagi,” tutup Dibyo dalam sambutannya. (Dv)

BERITA LAIN DALAM KATEGORI DI JOGJAKARTA

22 Okt

Mengukur Potensi Masalah dalam Prosedur Perizinan Jasa Konstruksi

Selengkapnya
04 Okt

Pengembangan dan Pembinaan Konsultan dalam Pembangunan Nasional

Selengkapnya
01 Okt

Jangan Jadikan Keterbatasan Dana Sebagai Alasan Tidak Mengikuti Pelatihan Konstruksi!

Selengkapnya
08 Mei

Simplifikasi Pengaturan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah

Selengkapnya
25 Apr

Efisiensi Pengadaan melalui Strategi Konsolidasi

Selengkapnya
13 Apr

Pembangunan Infrastruktur Perlu Dukungan Masyarakat

Selengkapnya
30 Apr

Terkelolanya Sistem Informasi adalah Wujud Komitmen Pembina Konstruksi

Selengkapnya
05 Apr

Pengetahuan Teknis Dan Keahlian para Insinyur dalam Melaksanakan Perkerjaan Lapangan Harus Terus Di-upgrade

Selengkapnya
20 Mar

Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi

Selengkapnya
13 Mar

Konstruksi New Yogyakarta International Airport Segera Dimulai

Selengkapnya
13 Mar

Melalui Budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Kita Bentuk Bangsa yang Berkarakter

Selengkapnya
29 Mei

Workshop Pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat

Selengkapnya
29 Mei

Bimbingan Teknis SIPJAKI

Selengkapnya
16 Mei

Sosialisasi UU NO 2 Tahun 2017 tentang Jasa KOnstruksi

Selengkapnya
16 Mei

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Selengkapnya
23 Peb

BINTEK SIPJAKI

Selengkapnya
12 Des

Rapat Koordinasi Tim Pembina Jasa Konstruksi DIY

Selengkapnya
28 Jul

DISEMINASI PEMBINAAN JASA KONSTRUKSI KABUPATEN KULON PROGO TAHUN ANGGARAN 2014

Selengkapnya
17 Okt

Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi

Selengkapnya
19 Jan

TPJK Kabupaten Bantul Mengikuti Bintek Pembinaan Konstruksi

Selengkapnya